Kaleidoskop Semester I Tahun 2023: Langkah Kongkret Edi-Rendi Wujudkan Kukar Idaman

- Jurnalis

Rabu, 7 Juni 2023 - 02:17 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah. (Foto: Ist)

Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah. (Foto: Ist)

HarianBorneo.com, TENGGARONG – Kendati terhitung baru menginjak bulan ke-6 pada tahun 2023 ini, namun sederet program kegiatan telah digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) di bawah kepemimpinan Edi Damansyah dan Rendi Solihin.  Terlebih, sejumlah kegiatan yang diselenggarakan juga  sebagai bentuk langkah kongkret Pemkab Kukar untuk mewujudkan visi misi Kutai Kartanegara yang Inovatif, Berdaya Saing dan Mandiri (Kukar Idaman).

Kegiatan dan pencapaian Pemkab Kukar selama Triwulan II tahun 2023 terangkum dalam kaleidoskop, sebagai berikut :

Sunggono Terima Kunjungan Komite II DPD RI, Bahas Terkait Hutan Di Kukar

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) terima kunjungan kerja (Kunker) Komite II DPRD RI di Gedung Serbaguna Kantor Bupati Kukar, Senin (3/4/2023).

Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Sekda Kukar), Sunggono menyebutkan bahwa terdapat beberapa hal yang dibahas oleh Pemkab dalam kunjungan kerja DPD RI itu. Salah satu yang masuk dalam pembahasan yakni bagaimana langkah Pemkab Kukar untuk melestarikan hutan yang ada di Kukar.

Pemkab Kukar Gelar Musrembang RKPD Tahun 2024

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2024, Selasa (4/4/2023).

Bupati Kukar, Edi Damansyah berpesan kepada seluruh pimpinan OPD, untuk bisa turun langsung kelapangan. Agar dapat memahami permasalahan secara nyata dan berbasis data yang akurat di lapangan.

“Tentunya saya berharap nanti Bappeda bersama dengan organisasi perangkat daerah (OPD), yang menjadi leading sektor dari program-program yang di canangkan, bisa terus melakukan verifikasi yang baik. Agar dapat menentukan skala prioritas sesuai dengan tema kita,” pungkasnya.

Bupati Kukar Berikan Bantuan Di Desa Loa Duri Ulu

Momentum bulan Ramadan dijadikan oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah untuk berbagi kepada masyarakat di Kukar. Kegiatan itu dirangkai dalam safari Edi Damansyah ke desa-desa yang ada di Kukar.

Kali ini masyarakat di Desa Loa Duri Ulu yang mendapat giliran penyaluran bantuan dari Bupati Edi Damansyah. Dalam kunjungannya, Edi menyalurkan bantuan kepada para kaum dhuafa di Desa Loa Duri serta bantuan pembangunan rumah ibadah di Langgar Al Paqih Muqarrabin Arsyad, pada Rabu (5/4/2023).

Pemkab Kukar Buat Terobosan Baru Atasi Kelangkaan Pupuk

Salah satu upaya menangani langkanya pupuk kimia di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar berikan inovasi dengan menerapkan pemakaian pupuk organik untuk lahan pertanian yang ada di Kukar.

Bupati Kukar, Edi Damansyah mengatakan bahwa, transformasi penggunaan pupuk kimia ke organik ini diharapkan akan sesuai dengan karakteristik lahan pertanian di Kukar.

“Semoga pengembangan ini nanti cocok dengan karakteristik lahan pertanian kita, sehingga kedepan nanti kita bisa lakukan lebih besar lagi. Sementara nanti kita akan coba di beberapa titik, seperti di wilayah muara Kaman, Sebulu, Tenggarong Sebrang, dan Loa Kulu,” ungkapnya.

Edi Damansyah Serahkan Zakat Mal Sebesar 40 Juta Ke Baznas

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah hadiri kegiatan Kukar Berkah Berzakat di Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong, Senin (17/4/2023).

Kegiatan ini ditandai dengan berlangsungnya penyerahan zakat, baik zakat fitrah maupun zakat maal oleh Bupati Edi Damansyah. Dalam kegiatan itu Edi menyerahkan Zakat Mal sebesar Rp 40 juta rupiah.

Warga Keluhkan Kondisi Jembatan Sambera, Wabup Kukar Pastikan Perbaikannya Tahun Ini

Banyak warga di Desa Tanjung Limau, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang mengeluhkan terkait dengan rusaknya Jembatan Sambera yang mengalami kerusakan di badan jembatannya.

Menindak lanjuti keluhan masyarakat terkait dengan rusaknya Jembatan Sambera itu, Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin meminta Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk segera lakukan perbaikan.

Baca Juga :  Sidak PT KFI, Komisi II DPRD Kaltim Minta Perusahaan Lampirkan Data Perizinan

“Insya Allah sudah kita anggarkan penanganan permanen jembatan tersebut, di minggu ketiga bulan depan saya minta paling lambat PU segera lelang,” pungkasnya.

2 Milliar Siap Digelontorkan Pemkab Kukar Untuk Penuhi Ketersediaan Blanko

Akibat terhambatnya pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara (Kukar) lantaran terbatasnya pasokan blanko e-KTP, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar rencananya akan menggelontorkan dana senilai Rp 2 Miliar untuk pengadaan blanko sebanyak 200 ribu keping.

“Jika layanan ini lambat dan buruk, kepala daerah yang akan mendapatkan imbas buruknya. Jadi kami berupaya dengan mengalokasikan Rp 2 milliar untuk 200 ribu keping blanko KTP di 2023 ini, nanti untuk mekanismenya dana tersebut kami hibahkan ke Ditjen Dukcapil Kemendagri RI,” pungkas Bupati Kukar, Edi Damansyah.

Pemkab Kukar Kebut Pembangunan RS Muara Badak, Ditargetkan Rampung Tahun Ini

Pembangunan Rumah Sakit (RS) Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) hingga kini masih terus dikebut pengerjaannya oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar. Bahkan, saat ini proses pembangunannya telah memasuki tahapan lelang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono mengatakan bahwa pembangunan RS Muara Badak ditargetkan akan rampung pada tahun 2023 ini. Ia juga mengungkapkan bahwa pembangunan RS Muara Badak akan menghabiskan anggaran hingga Rp 67 miliar.

Pemkab Kukar Gencarkan Program 25 Ribu Nelayan Produktif, Upaya Sejahterakan Para Nelayan

Dalam upaya memberdayakan dan mensejahterakan para nelayan yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar gelontorkan dana hingga Rp 219 miliar untuk program 25 Ribu Nelayan Produktif.

Diketahui bahwa program tersebut merupakan salah satu dari 23 program dedikasi Pemkab Kukar yang juga tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2026.

Wakil Bupati (Wabup) Kukar, Rendi Solihin mengatakan bahwa bantuan yang diserahkan bervariatif. Mulai dari perahu, alat tangkap ikan dan perlengkapan budidaya ikan hingga bibit dan pakan ikan, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kelompok.

Wabup Kukar Kebut Perbaikan Akses Jalan Penghubung Desa Beloro – Giri Agung

Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin telah melakukan peninjauan terhadap dua akses jalan penghubung antar desa di Kecamatan Sebulu. Kedua akses jalan tersebut adalah Jalan Desa Beloro menuju Sebulu Modern dan Jalan Sebulu Ilir menuju Giri Agung.

“Memang belum maksimal tapi secara bertahap di Perubahan 2023 dan Murni 2024. Mudahan bisa jadi prioritas karena kami masih ada pekerjaan rumah sekitar tiga kilometer sampai Sebulu Modern,” ucap Rendi Jum’at (12/5/2023).

Gandeng SKK Migas, Pemkab Kukar Gelar Pelatihan Barista

 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) hingga kini terus berupaya untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang ada di Kukar guna menyongsong pemindahan Ibu Kota Negara (IKN). Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan membuat pelatihan kerja Barista atau peracik kopi.

Pemkab Kukar berkolaborasi dengan SKK Migas Kalsul dan Eni Muara Bakau untuk hadirkan fasilitasi berupa pelatihan dan sertifikasi barista. Pelatihan ini akan berlangsung selama empat hari mulai Kamis (11/5/2023), untuk memberi penguatan terhadap puluhan barista.

Bupati Kukar, Edi Damansyah mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari komitmen Pemkab melalui Klinik Wirausaha Pemuda Mandiri (WPM) Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar untuk memfasilitasi masyarakat.

Realisasikan Kukar Sebagai Lumbung Pangan Kaltim, Edi Damansyah Ajak Milenial Untuk Bertani

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah akan mendorong para muda-mudi yang ada di Kukar untuk membentuk kelompok tani milenial. Tujuannya yakni guna menghidupkan sektor pertanian serta merealisasikan Kukar sebagai lumbung pangan Ibu Kota Negara (IKN).

Baca Juga :  Kajian DPMD Kukar Terhadap Usulan Peningkatan Anggaran RT

Edi Damansyah menyebutkan sekitar 42 persen kebutuhan pangan Kaltim diproduksi dari Kukar. Karenanya ke depan Pemkab ingin menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan Kaltim.

“Jadi sektor pertanian ini harus dikelola oleh generasi muda. Itu yang terus saya sampaikan bahwa sektor pertanian hari ini sudah bergeser menjadi teknologi dan manajemen, artinya yang mengelola itu adalah anak muda,” jelas Edi, Kamis (11/05/2023).

Dorong Peningkatan SDM Dari Rumah Ibadah, Edi Damansyah Minta Kualitas Pelayanan Takmir Masjid Dikuatkan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya untuk meningkatkan dan memperbaiki pelayanan di masjid yang ada di Kukar. Hal tersebut dibuktikan dengan komitmen Pemkab Kukar dalam mendorong penguatan peran fungsi masjid beserta peningkatan kualitas serta kapasitas para Takmir masjid di Kukar.

“Penguatan peran fungsi Masjid tersebut agar mendorong pembangunan kualitas SDM melalui rumah ibadah,” ucap Edi Damansyah.

Bantu Tekan Angka Kemiskinan, Bupati Kukar Imbau Dinsos Optimalkan Kegunaan Puskesos

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah meminta kepada Dinas Sosial (Dinsos) Kukar agar memaksimalkan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) sebagai wadah pengaduan persoalan kemiskinan yang ada di Kukar.

“Saya minta Dinsos Kukar untuk memperkuat keberadaan Puskesos sebagai wadah pengaduan persoalan kemiskinan,” ucap Edi.

Pemkab Kukar Gencarkan Program Siap Kerja

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) terus menggencarkan program Kukar Siap Kerja untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kukar. Salah satu caranya yakni dengan rutin menggelar pelatihan kerja.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengungkapkan langkah tersebut dilakukan pihaknya untuk menyiapkan calon pekerja yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

Pemkab Kukar Adakan Kegiatan Senam Bersama Dan Outbound Untuk Meningkatkan Rasa Kepedulian Dan Solidaritas Para Pegawai

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) mengadakan kegiatan senam bersama dan outbound pada Jumat (12/5/2023) di halaman Kantor Bupati Kukar. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan solidaritas di antara para pegawai Pemkab Kukar.

Bupati Kukar Edi Damansyah menyatakan bahwa kegiatan seperti ini dapat membawa hasil positif, seperti peningkatan kualitas pelayanan publik dan pencapaian kinerja yang lebih baik. Ia juga menambahkan bahwa kegiatan tersebut merupakan komitmen dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan capaian kinerja yang lebih baik.

“Dengan berkumpul bersama, kita sambil senam untuk kebugaran dan bergembira. Ini merupakan upaya meningkatkan keakraban dan solidaritas antara pejabat di lingkungan Pemkab Kukar,” ucap Edi.

Bupati Kukar Salurkan Bantuan Sosial Kepada Kelompok Masyarakat Membutuhkan

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah telah menyerahkan bantuan sosial kepada masyarakat di Halaman Kantor Pos Tenggarong pada hari Minggu (21/5/2023). Bantuan tersebut disalurkan ke beberapa kelompok masyarakat yang memerlukan seperti lanjut usia, pendidikan, penyandang disabilitas, dan anak terlantar.

Edi mengatakan bahwa bantuan sosial tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah kabupaten dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sekda Kukar Ajak Pemangku Kepentingan Konsisten Tekan Angka Stunting Melalui Program Raga Pantas

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Sunggono, menghadiri kegiatan Sosialisasi Tim Pemantau Bakti Pantas Kabupaten Kutai Kartanegara di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar pada Kamis (18/5/2023). Dalam kegiatan tersebut, Sunggono mengajak semua pemangku kepentingan di Kukar untuk terus konsisten dalam menekan angka stunting.

Menurut Sunggono, telah dilakukan upaya-upaya untuk menekan angka stunting, salah satunya melalui inovasi Raga Pantas (Gerakan Keluarga Peduli Pencegahan dan Atasi Stunting). Program ini terdiri dari lima Pantas yaitu Pantas Sehat, Pantas Pendidikan, Pantas Pangan, Pantas Tempat Tinggal, dan Pantas Sejahtera. (MF/Adv/PemkabKukar)

Berita Terkait

Musim Penghujan, Bupati Imbau Masyarakat Jaga Kesehatan
Bupati Kukar Dorong Optimalisasi Peran Teruna Dara dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif
Mahasiswa Beasiswa Kukar Idaman di Telkom University Memulai Magang di OPD dengan Fokus pada Tugas IT
Pemkab Kukar Tingkatkan Dukungan terhadap UMKM dengan Bantuan Peralatan dan Program Modal Usaha
Kutai Kartanegara Fokus Jadi Lumbung Pangan IKN
Pemkab Kukar Luncurkan KKPD untuk Meningkatkan Efisiensi Belanja Publik
Kantor Desa Loa Lepu Kini Resmi Diresmikan oleh Bupati Kukar untuk Meningkatkan Pelayanan Publik
Pembangunan Jembatan Kutai Kartanegara 2 Dimulai, Bupati Kukar Minta Dukungan Semua Pihak

Berita Terkait

Rabu, 10 Juli 2024 - 13:18 WIB

Musim Penghujan, Bupati Imbau Masyarakat Jaga Kesehatan

Jumat, 5 Juli 2024 - 11:38 WIB

Bupati Kukar Dorong Optimalisasi Peran Teruna Dara dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif

Kamis, 4 Juli 2024 - 18:20 WIB

Mahasiswa Beasiswa Kukar Idaman di Telkom University Memulai Magang di OPD dengan Fokus pada Tugas IT

Rabu, 3 Juli 2024 - 00:57 WIB

Kutai Kartanegara Fokus Jadi Lumbung Pangan IKN

Selasa, 2 Juli 2024 - 17:46 WIB

Pemkab Kukar Luncurkan KKPD untuk Meningkatkan Efisiensi Belanja Publik

Senin, 1 Juli 2024 - 18:14 WIB

Kantor Desa Loa Lepu Kini Resmi Diresmikan oleh Bupati Kukar untuk Meningkatkan Pelayanan Publik

Senin, 1 Juli 2024 - 17:37 WIB

Pembangunan Jembatan Kutai Kartanegara 2 Dimulai, Bupati Kukar Minta Dukungan Semua Pihak

Senin, 1 Juli 2024 - 17:32 WIB

Pembangunan Jembatan Sebulu Kukar Berjalan Menuju Penyelesaian Tahun 2025

Berita Terbaru

Bupati Kukar, Edi Damansyah. (Foto: Ist)

Advertorial

Musim Penghujan, Bupati Imbau Masyarakat Jaga Kesehatan

Rabu, 10 Jul 2024 - 13:18 WIB